Senin, 13 Juni 2011

RIA ANGELINA Penyanyi Serba Biru, Serba Rindu.......

10 komentar :
Dalam soal cinta, tentu saja. "Menyalurkan hobby dan membantu ekonomi,"
kata penyanyi yang berangan-angan bisa menyamai Olivia Newton John. "Sejak SMP saya membiayai diri sendiri" Sampai jadi ahli hukum nanti?

Dua puluh tahun silam ia lahir di kota Cimahi, Jawa Barat. Dengan menyertakan nama lengkapnya, Maria Angelina. Di bawah atap rumah flat, peristirahatannya sekarang. Sekaligus dijadikan studio rekaman. 
Dua album pop BIRUNYA RINDUKU dan ELEGI RINDUKU sudah dirampungkan.
Dara keturunan Jerman-Jawa ini ternyata kurang begitu menyukai kompetisi. Ia lebih tekun mendekatkan dirinya dengan masyarakat daerah melalui panggung pertunjukkan daripada mengikuti kegiatan-kegiatan festival.
"Ria selalu ingin belajar dengan orang-orang yang berpengalaman" tuturnya. Karena itu cewek penggemar olahraga tenis ini nampak akrab sekali dengan Dian Piesesha dan Heidy Diana. Kedua rekan sesama penyanyi ini dianggap sebagai kawan terdekat, terutama kalau ngomongin soal cowok.

"Kami selalu tukar pikiran. Kalau lagi istirahat rekaman, kami manfaatkan untuk diskusi. Asyik deh, kalau lagi kumpul apa saja bisa jadi bahan omongan," ujarnya dengan murah senyum, periang, pokoknya menggambarkan cewek model abad dua puluh.

Belajar Ekonomis
Dibalik senyumannya yang diumbar selama pembicaraan itu seolah tersirat harapan. Harapan yang merupakan target popularitas sebagai biduan pop. Untuk itu, Ria selalu mempelajari keadaan penonton dengan melalui acara jumpa fans sebelum naik pentas. Barangkali dengan demikian - setidak-tidaknya - bisa memahami selera masyarakat. Dan ini mungkin, salah satu cara yang efisien untuk perusahaan rekaman dalam usahanya merebut pasaran di tengah blantika promosi kaset.
"Terus terang ya, saya menyanyi itu sebenarnya ingin membantu meringankan ekonomi keluarga, disamping menyalurkan hobi. Papa saya sekarang sudah pensiun. Saudara saya semua tujuh. Saya nomor empat. Dan semuanya memerlukan biaya." Katanya, mencari nafkah melalui nyanyi itu sama saja belajar bermasyarakat.
Kendati demikian, Ria masih belum bisa menentukan jalur yang pasti. Apakah akan menggantungkan jalan hidupnya dari menyanyi atau meneruskan belajarnya di Fakultas Hukum. Yang jelas, ketidakpastian itu tidak menyebabkan keputusasaan dan apatisme. Kedua kegiatan, menyanyi dan mempersiapkan diri memasuki Universitas dirangkapnya sekaligus. Malahan masih mempunyai sisa waktu untuk les Bahasa Inggris.
Kiprahnya di dunia tarik suara mulai dirintis secara serius setelah menamatkan pelajaran di SMA-IPA Bandung, dua tahun yang lewat. Sebelumnya ia cuma menyumbangkan vocalnya untuk mengisi acara-acara ulang tahun.
Waktu itu pangkat papanya masih Kolonel. "Seingat Ria, waktu masih di SMP, sudah tidak lagi meminta biaya sekolah sama Papa. Terkadang untuk kebutuhan primerpun Ria tidak mau mengganggu. Ria sudah terbiasa berdikari terutama kalau berhadapan dengan masalah ekonomi." celotehnya ketika disinggung latar belakangnya didalam mengawali perjalanan karier.

Nasib
"Elegi Rinduku" ciptaan Obbie Messakh yang dilantunkan melalui volume kedua, seakan mewakili kerinduannya terhadap sesuatu.
Sesuatu yang diimpikannya ketika masih SMP. Namun semuanya belum terjawab seperti apa yang dimaui.
Meskipun diakui, menjadi penyanyi itu penghasilannya cukup besar. Lebih besar dari penghasilan karyawan biasa. Faktor nasib yang membantunya tidak membuat Ria menjadi sombang. Ia menyadari hal itu.
Tanpa melalui ayahnya (temen lama manajer JK Records) barangkali Ria akan mengalami kesulitan memasuki dapur rekaman.
Lantas apa rencanamu sekarang diluar kegiatan menyanyi? "Menyiapkan biaya untuk memasuki Fakultas Hukum. Itu sebenarnya tujuan utama saya" katanya dengan tetap melempar senyum. (BIS).


sumber : Hai No. 19/IX 21-27 Mei 1985
(www.jamesdoel.multiply.com)

10 komentar :

  1. Mba Ria ....dari dulu saya sangat ngefents dg lagu2 mba ria....tp setelah berkeluarga saya konsrntrasi mendidik anak. Yg ku tanya mba Ria sekakarang di mana ya ...ko sdh ga petnah muncul di TV dsb. Saya ibgin lihat mba Ria yg sekarang .....tentunya madih cantik ya mba 😃😃

    BalasHapus
  2. Saya sangat menyukai lagunya mbak Ria
    dan bila album baru keluar pasti beli msh jaman kaset dl

    BalasHapus
  3. Mbk RIA slamat ulang tahun panjang umur sehat sllu dan diberkati TUHAN

    BalasHapus
  4. Mba Ria sekarang bagaimana kabarnya?saya penggemar beratnya mba Ria nih.saya sekarang mau tau kemadaannya mba Ria skrng.masih suka nyanyi lagi ngga sprti dulu.umur kita ngga beda jauh kok

    BalasHapus
  5. Lagu lagu di tahun 80 an tentunya sangat membuat banyak kenangan tersendiri di hati semua orang ... Suatu kebanggaan tersendiri waktu itu lagu pop Indonesia menjadi tuan rumah di negeri sendiri ... Lalu dimana kabar penyanyinya sekarang ... Seperti mbak Ria Angelina ... Semoga anda dalam keadaan sehat ... Dan saya rindu dengan suara melankolismu ... 🙏

    BalasHapus
  6. Akhir 80 an saya baru lahir..
    Di thn 2021 ini saya baru tau dgn penyanyi pop thn 80 an..
    Setelah dengar lagu birunya rinduku..aku lgsung jatuh hati dgn suaranya..
    Dan msh ingin tahu bnyak tentang mbak ria

    BalasHapus
  7. Salam knal mba ria,gimna kabarnya sy pngen tau apakah mba ria sdh berkeluarga alias sdh menikah agak kepo y klo orang bilang skrang sy pengen tau bnyk krena sy penggemar berat mba ria,ko ga pernah muncul lgy di tv atw rekaman lgu2 mba barangkali mo daur ulang versi baru buat obat kangen fans berat mba ria,,,salknal dri 3 raksa tangerang

    BalasHapus
  8. Lagu yang saya nyanyikan di depan kelas waktu TK...😂

    BalasHapus
  9. Tahun 2021 ini gimana kabar Mbak Ria?

    BalasHapus