Rabu, 31 Oktober 2012

BETHARIA SONATHA “Sasaran Baru Rinto”

Tidak ada komentar :
Setelah ”menggarap” Iis Sugianto, Christine Panjaitan, Maryantje Mantaow dan entah siapa lagi, kini Rinto Harahap mengorbitkan seorang penyanyi asal Bogor, Betharia Sonatha. 

Pemunculan kaset perdana adiknya Dian Sonata ini sebelumnya telah dimatangkan dengan penampilan di TVRI Jakarta dalam acara musik. Dari situ bisa diketahui secara sepintas bahwa gadis yang masih duduk di kelas II SMA Negeri II Bogor ini memiliki wajah yang teduh, vocal yang lebih dari lumayan dan penampilan yang menarik.

Barangkali Rinto tidak terlalu berpayah-payah “mengasah” kebolehan dara manis berwajah oval ini. Soalnya menyanyi selain menjadi kesenangannya, rekaman menjadi idamannya. Di rumah ia juga banyak pengalaman dari kakaknya Dian Sonata yang belum setahun lalu telah dipetik oleh seorang pilot itu.

“Biasanya saya berpikir beberapa kali sebelum menangani seorang penyanyi baru, tetapi tidak begitu ketika Jelly Tobing menyodorkan Betha agar saya tangani,” ujar Rinto yang percaya akan kebolehan Betha menyanyi sehingga ia menaruh keyakinan Betha akan menjadi penyanyi terkenal.

Dari situ memang agaknya ia telah berusaha untuk –kalau bisa- menjadi penyanyi top, kendati untuk itu ia sadar masih harus banyak belajar. Namun di bawah arahan Jelly Tobing yang konon menemukannya dan lantas diberi kepercayaan orang tuanya untuk menjadi managernya, konon ia telah pasang kuda2 untuk tujuannya itu. Sang manager yang optimis mengenai prospek  yang bakal diraih oleh Betharia. Alasannya karena Betha memiliki suara dengan ciri khas yang berbobot.

Dilahirkan di Bandung pada 14 Desember 1962 dari pasangan Titien Sumarni dan Sirodz Surawinata, ia diberi nama Sri Astuti Betharia. Sonatha singkatan dari Surawinata itulah.

Untuk mempersiapkan album pertamanya Betha ini, Rinto lagi-lagi Cuma menurunkan sebuah lagu  yang diharapkan akan dapat mengantarkan nama penyanyinya ke jenjang kepopuleran, “Kau Tercipta Untukku”. Jelly Tobing juga satu lagu “Jumpa Lagi”. Chaken yang kini tengah menikmati masa jayanya itu juga turun 1 lagu “Selimut Cinta”. Hanny Tuheteru yang sudah tenar itu juga urun lagu “Tiada Senyum Lagi” dan lainnya lagi.

Betha yang cantik ini juga membuka kesempatan untuk siapa saja yang ingin memberikan saran untuk kemajuan karirnya.

(Sinar Harapan Minggu 13 Juli 1980)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar