Sabtu, 11 Februari 2012

MAYA ANGELA "Calon Sarjana Yang Terjun ke Dunia Nyanyi"

1 komentar :
foto dari Facebook Maya Angela
Profesi tarik suara di negeri tercinta ini, merupakan suatu kebanggaan, ketimbang profesi lain. Selain pekerjaannya santai,
andapun bisa menghibur masyarakat. Tak heran jika banyak sarjana yang memiliki bakat menyanyi, begitu lulus memilih karier yang satu ini.

Hampir setiap minggu, kita bisa melihat tampilnya para penyanyi pendatang baru, baik tewat TV maupun lewat iklan-iklan di mass media.Tapi tidak semua pendatang baru itu, bisa meraih sukses dengan mudah. Disamping persaingan yang ketat, ia juga harus memiliki mental dan semangat baja.

Maya Angela, termasuk salah seorang pendatang baru, di Blantika Musik Pop, tapi lewat album perdananya, penyanyi yang satu ini
berhasil menempati hati para penggemarnya.

PERJALANAN YANG PANJANG
Sebelum terjun ke rekaman, Maya Angela, anak ke-5 dari 8 bersaudara ini pernah belajar vokal di RRI selama kurang lebih 1 tahun. Di tempat itu ia diarahkan oleh Yan Berlin, ditempa dengan disiplin dan semangat baja.
"Sejak kecil saya memang sudah senang menyanyi" ujar Maya ketika ditemui di rumahnya. "Kakak-kakak saya juga pernah menyanyi dan membentuk sebuah band. Mereka pun sering membimbing saya, bagaimana tampil di depan umum, bagaimana bergaya di depan mike dan banyak lagi'"

"Apakah anda pernah ikut festival?" tanya RF
"Ya, saya pernah ikut festival, tapi Festival Keroncong pada tahun 1984. Saya berhasil menjadi juara II," jawab Maya.
Maya sendiri sebenarnya senang lagu-lagu jazzy. Ia pengagum suara Ermy Kullit dan Harvey Malaiholo. Maya juga sering tampil di televisi lewat Acara Wajah Baru, Jenjang Vokalia, Irama Keroncong dan Aneka Ria Safari.
Disamping nyanyi, Maya juga menguasai tari-tarian daerah seperti tari Bali dan tari Jawa. Maya kini masih kuliah di Akademi Perhotelan, mengambil jurusan Front Office. Sekarang ia sibuk mondar-mandir di Hotel Indonesia sebagai praktikum.

"Saya ingin seperti Rae Sita, bisa mengatur waktu - sebagai Bintang Film yang sukses juga manajer Front Office. Tapi kalau saya pengin sukses sebagai penyanyi dan Manajer Front Office.Untuk terjun ke film, saya belum berminat," tutur Maya Angela berterus terang.

EMANSIPASI WANITA
"Bisa anda ceritakan sedikit tentang anda terjun ke rekaman?" Tanya RF.
"Saya kenal baik dengan Kicky AB, dialah yang mengusulkan agar saya mencoba rekaman suara saya, iseng-iseng saya merekamnya. Setelah jadi Kicky menawarkannya kepada Cipto Records. Beberapa minggu kemudian ternyata saya dipanggil menghadap," ujar Maya.

Maya Angela sekarang terikat kontrak dengan Cipto Records, selama 2 tahun. Album perdananya berjudul "Emansipasi Wanita" karya cipta A. Riyanto. Disamping A. Riyanto juga dilengkapi oleh Dadang S. Manaf, Uce F. Tekol, Joel Crizal, Fritz Aritonang dan lain-lain"

"Apakah anda termasuk salah seorang yang senang dengan emansipasi?"
"Saya sangat mendukung sekali - tapi emansipasi disini, emansipasi timur yang disesuaikan dengan adat dan kebudayaan," jawab Maya.
"Apa kesan anda kerja sama dengan A.Riyanto?"
"Ia orang yang sabar, disiplin, dan sedikit keras," jawab Maya. "Saya senang sekali bekerja sama dengannya. Meskipun melelahkan tetapi hasilnya prima," (SIM)

Dari majalah Ria Film No. 589 / Agustus 1985

1 komentar :