Sabtu, 12 Mei 2012

HEIDY DIANA "Ingin Menjadi Manajer Hotel"

2 komentar :
Barangkali secara sepintas meski nggak disebutkan namanya, kamu sudah mengetahui
cewek belasan tahun ini. Karena hampir setiap hari,
belakangan ini, wajahnya tampil di lembaran berbagai surat kabar dan majalah. Tentu saja bukan sekedar nampang, Ia tampil disana bersama sampul album rekaman terbaru. Selain di surat kabar dan majalah,
cewek manis ini juga sering berdendang dan bergoyang di layar televisi lewat acara Aneka Ria Safari atau Aneka Ria Nusantara.

Nah tahu kan bahwa dia bernama Heidy Diana. Dan kamu juga tahu kan ia sekaligus meniti dua karir sebagai bintang film dan sebagai penyanyi. Ehm, boleh juga. Namun sebenarnya masih banyak hal tentang dirinya yang belum kamu ketahui. Diantaranya, ia mencari cowok berkumis dan menjadi manajer hotel. Ayo, penasaran toh.


Banyak Yang Kreatif
Mengenakan baju warna biru muda, rambut dibiarkan tergerai sebatas bahu dan agak bergelombang, serta menghamburkan senyum, Heidy Diana meyakinkan pada MITRA, bahwa bagaimanapun repotnya berkarir, sekolah tetap nomor satu. Sebab katanya, pendidikan memiliki peranan yang penting untuk kelangsungan hidup di masa depan. Terus terang, "saya nggak senang jika sekolah jadi berantakan cuma gara-gara nyanyi", ujar Heidy mantap.

Cewek manis yang menuntut ilmu di Sekolah Menengah Industri Pariwisata (SMIP) Taman Sunda Kelapa, Jakarta Pusat ini mengungkapkan bahwa kegiatan yang akan menghalangi kelancaran sekolah untuk sementara ditunda dulu.Hal ini menurut Heidy, karena sekolah itu penting. Lagi pula ia yang kini duduk di kelas tiga Jurusan Perhotelan ingin melanjutkan studi kelak ke Akademi Pariwisata. Ini sesuai dengan cita-cita Heidy yang ingin jadi manajer hotel. Bila nggak tercapai, kata Heidy, ia ingin mengembangkan diri dalam dunia nyanyi.
Di sekolah maupun di rumahnya Komplek Cimanituka, Jalan Raya Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Heidy punya banyak teman. Pokoknya dalm kehidupan sehari-hari, ia tak bisa dipisahkan dengan teman-teman. Apalagi karena terutama teman-teman Heidy itu banyak yang mendukung dan menyokong karier nyanyinya. Meskipun sering muncul di layar televisi atau masuk dapur rekaman toh Heidy tak merasa lebih tinggi dari teman-temannya.

Mungkin karena sikap yang apa adanya inilah, Heidy banyak disukai teman-temannya. Tapi, "ada juga sih yang ngiri. Saya kira hal itu nggak perlu didengarkan. Sebab nanti akan menimbulkan akibat yang nggak diinginkan," tutur Heidy yang mengaku mengagumi akting Christine Hakim dan Lenny Marlina di layar putih. Kekaguman inipun biasanya nggak kelewat berlebihan. Dan Heidy merasa kagum atas suatu prestasi yang diraih sesorang karena ia menilai ada unsur yang khas dalam diri orang itu.

Ketika disinggung tentang anak-anak muda yang kini sering dituding pemalas, nggak kreatif, dan suka hura-hura, Heidy rupanya memiliki penilaian tersendiri. Remaja sekarang, kata Heidy, kreatif sekali. Mereka benar-benar hebat. Karena itu, "kita jangan hanya menilai sisi negatif mereka saja. Lihat dulu positif dan negatifnya. Karena sebenarnya, banyak hal positif yang telah mereka lakukan" tukas Heidy. Selain itu, Heidy juga salut dengan ank-anak muda sekarang yang berani bicara tegas, bertanggungjawab dan nggak banyak yang malas-malasan.

Profesi Ganda Tak Masalah 
Gadis yang aktif mengikuti kursus senam ini ternyata telah membintangi beberapa film meski baru pada taraf peran pembantu. Ia pernah nimbrung dalam film Cinta di Balik Noda, Bibir-Bibir Bergincu, dan Biarkan Kami Bercinta. Lho, nyanyi, sekolah, main film dirangkap sekaligus? Apa nggak capek tuh? "Bagi saya, profesi ganda itu nggak ada masalah sama sekali. Yang penting saya bisa membagi waktu dan mempertahankan prestasi selama ini, " lanjut Heidy.

Sebab, kata Heidy, pada prisnsipnya semua bidang seni yang saya terjuni selalu didasarkan pada itikad baik, dalam artian nggak main-main. "Disinilah kemampuan saya dituntut untuk membagi waktu dengan baik," ucap Heidy. Agaknya, ia percaya bahwa masa depan itu sudah mulai ditentukan dari sekarang. Jika pada masa remaja nggak mampu membina diri maka besar kemungkinan bakal mendapat kesulitan di hari tua. Karena itulah Heidy hanya mau shooting film jika sekolah lagi libur.


Heidy sebenarnya berdarah campuran. Ayahnya orang Bogor, Jawa Barat asli, dan ibunya campuran Jawa-Belanda. Cewek ini mengaku berbakat seni yang berasal dari turunan kedua orangt uanya. "Mami dulu penyanyi keroncong di Jawa," gumamnya pendek. Mulai terjun ke dunia sejak masih berusia kanak-kanak sekitar tahun 1979 dalam Festival Pop Singer se-DKI. Waktu itu Heidy berhasil tampil sebagai juara ketiga. Nah, dari sinilah Heidy mulai mendapat perhatian produser rekaman.

Tanpa menunggu lebih lama, tahun itu juga ia masuk dapur rekaman. Tak lama kemudian, lahirlah album perdana cewek ini. Dan sayang sekali, ia lupa judul album perdananya itu. Mungkin waktu itu perhatian Heidy pada dunia musik masih belum begitu besar. (Album perdana Heidy, "Album Khusus", Tembang Kenangan) Hingga, nggak usah kaget bila ternyata perjalanan karier nyanyi Heidy agak tersendat-sendat. Tapi, bagaimanapun juga, sebagai sebuah permulaan terjun, Heidy telah mematrikan diri di panggung. Artinya, setelah memenangkan lomba nyanyi itu, ia dengan langkah mantap mencoba menapaki karier lebih jauh. Kini ia baru saja menelurkan album terbaru Istilah Cinta karya Obbie Messakh.

Hidup sebagai penyanyi, bagi Heidy yang doyan nonton film Mandarin dan lari pagi ini, memberi keuntungan yang banyak. "Yang jelas, pengalaman bertambah dan punya banyak teman. Soalnya kini hampir 20 pucuk surat datang tiap hari. Surat-surat itu bukan hanya datang dari dalam negeri tapi juga dari luar negeri seperti dari Jepang, Arab dan Malaysia," ujar Heidy tanpa ada kesan membanggakan diri.

Heidy, cewek kelahiran 9 Juli 1965 yang nama lengkapnya Heidy Wardiana Suwardi, akhirnya jadi repot. "Celakanya, semua pengirim surat itu minta dibalas dengan cepat. Mending kalau dilampiri perangko, kalau nggak kan repot juga," gumamnya pendek. Meskipun agak repot, toh semua surat itu selalu dibalas Heidy, dengan tulisan tangan lagi. Agaknya cewek ini percaya bahwa betapapun juga sebagai penyanyi dan bintang film, ia tak bisa lepas dari penggemar. Dan katanya, ia punya prinsip yang jelas menggembirakan semua kita nggak ingin mengecewakan penggemar

Dari Majalah Mitra tahun 1984

2 komentar :

  1. Sayangnya heidy diana yg dulunya dikenal sebagai penyanyi sekarang alih profesi, bukan sebagai penyanyi lagi tetapi sekarang sebagai seorang wanita simpanan dan rela ninggalin suaminya si avent christie hanya untuk meninggikan prestige-nya dimata teman-temannya.

    BalasHapus
  2. Lagu-lagu tempo dulu kan tetap eksis sampai kapanpun, sebab sampai saat ini belum ada yg dapat menyamai .............

    BalasHapus